Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra

Daerah

Peduli Ekonomi Keumatan, PCNU Bintan Akan Dirikan BMT

Peserta Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) Nahdlatul Ulama Kabupaten Bintan

Bintan. NU Online Kepri

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bintan usai selenggarakan musyawarah kerja cabang (Muskercab) di pondok pesantren Madani Tebu Ireng, Bintan, Minggu (13/09/2020).

Sedikitnya ada tiga target utama yang dihasilkan dalam Muskercab tersebut. Pertama bidang keorganisasian, kedua dakwah, dan ketiga ekonomi keumatan.

Ketua PCNU Bintan, Kiai Nu'man, mengatakan, dalam bidang keorganisasian, ia akan mengoptimalkan konsolidasi dengan badan otonom dan lembaga. Menurutnya dukungan sistem komunikasi yang terbuka akan memperkuat hubungan organisasi sehingga program dan rencana kerja dapat berjalan.

"Dalam bidang dakwah kita akan mengadakan dakwah bilhaal di daerah rawan akidah. Tentunya dengan kerjasama lembaga dakwah lain. Dan melakukan pendataan serta pelatihan mubaligh, khotib dan guru ngaji di Bintan" tutur Kiai Nu'Man.

Sementara dalam bidang Ekonomi, Kiai Nu'man menyampaikan bahwa Nahdlatul Ulama akan membentuk Baitul Mal Wattanwil (BMT).

"Ini sesuai dengan rencana program daerah yang pernah disampaikan Bupati Bintan beberapa waktu yang lalu. Yaitu program permodalan masyarakat tanpa bunga," ungkap Kiai.

Di tempat yang sama bendahara PCNU Kabupaten Bintan, M Hasanuddin mengatakan di samping tiga prioritas tersebut, NU juga melihat maraknya gerakan radikal yang bahkan berujung terorisme ditengah-ditengah masyarakat.

Ia menyampaikan bahwa hal tersebut perlu menjadi perhatian bersama dalam upaya menjaga NKRI. "Ini harus menjadi perhatian kita bersama" terang Hasanuddin.

Pada Muskercab kali ini dihadiri oleh Mustasyar PCNU Kabupaten Bintan yang juga merupakan Bupati Bintan, H Apri Sujadi, Kemenag Kabupaten Bintan, Kesbangpol, Kapolres, Ketua MUI Bintan serta pengurus Tanfidziah dan Syuriah.(mjd)

Arief Hidayat Saputra
Editor: M Arfah