• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Batam

Peringati Haul Gusdur, Pemuda Lintas Agama di Batam Akan Gelar Dialog Kebangsaan

Peringati Haul Gusdur, Pemuda Lintas Agama di Batam Akan Gelar Dialog Kebangsaan
Flayer dialog kebangsaan dalam rangka Haul Gusdur ke-12.(Foto:NUOK/Anas)
Flayer dialog kebangsaan dalam rangka Haul Gusdur ke-12.(Foto:NUOK/Anas)

Batam, NU Online Kepri

Sejumlah organisasi pemuda lintas agama di Batam yang terdiri dari GP Ansor, Pemuda Katholik, Pemuda Hindu, Barisan Mudah Tionghoa Indonesia (BMTI), Gamki, akan menggelar dialog kebangsaan dalam rangka Haul Gusdur ke-12. Kegiatan tersebut akan dipusatkan di Halaman Gereja Katolik Paroki Maria Bunda  Pembantu Abadi, Sagulung, Jumat malam (21/01/2022).

Sejumlah narasumber dari lintas agama akan mengisi dialog kebangsaan yang mengusung tema  "Merayakan Iman, Kemanusiaan, dan Kebangsaan Bersama Gusdur dan Romo Mangun". Diantaranya: Alissa Wahid (puteri Gusdur), Mgr. Adrianus Sunarko (Uskup Pangkalpinang), Sayyid Ahmad Fahmi Syahab (tokoh NU), PMy. Sumarno (tokoh Buddha), Made Karmawan (tokoh Hindu), Soemardi (Tokoh Konghucu), Pdt. Renova Johnny Sitorus (Tokoh Kristen Protestan).

Menariknya acara tersebut juga bisa diakses secara live di FP Gasebo Toleransi Batam.

Ketua Panitia Penyelenggara, Nimrod Siahaan yang ditemui di lokasi acara menyampaikan bahwa kegiatan dialog kebangsaan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian atas sesama anak bangsa. Menurutnya, perbedaan bukanlah sesuatu yang harus diributkan.

"Kita banyak belajar dari Gusdur. Beliau dikenal sebagai bapak pluralisme di Indonesia. Untuk itu nilai-nilai kemanusiaan yang diwariskan akan terus kita pelihara," kata Ketua Pemuda Katolik Sagulung ini.

Nimrod juga mengajak kepada seluruh warga Batam untuk bisa menghadiri kegiatan tersebut. Selain untuk memupuk persaudaraan kegiatan tersebut menurut Nimrod juga bertujuan untuk meneguhkan komitmen bersama sesama anak bangsa.

"Kita ingin memberi contoh bahwa di tengah perbedaan kita bisa tetapi membangun silaturahmi, merawat kebhinekaan. Perbedaan bukan sesuatu hal untuk diributkan. Bahkan sejak awal kami di kepanitiaan selalu bersama-sama tak melihat latar belakangnya apa," imbuhnya lagi.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Panitia Pelaksana, Takat Prasetyo mengatakan bahwa peringatan Haul Gusdur ke-12 ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya digelar oleh pemuda lintas agama di Batam. 

"Tahun lalu kita gelar di Gasebo Toleransi, hari ini bersama rekan pemuda lintas agama mengadakan di gereja, mudahan tahun depan bisa dilaksanakan di pura di wihara. Ini bentuk komitmen kami untuk merawat kebhinekaan. Gusdur telah mengajarkan kami untuk bisa saling hidup berdampingan," jelas Ketua Ansor Sagulung ini.

Selain menggelar dialog kebangsaan, rangkaian Haul Gusdur juga dimeriahkan dengan lomba Puisi, lomba menulis esai, dan lomba arasemen musik lagu-lagu kebangsaan.

Editor : M Arfah


Editor:

Daerah Terbaru