• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

TanjungPinang

PCNU Tanjungpinang Gelar Haul Tuan Guru Sapat dan Tabarukan Atsar Rasullulah

PCNU Tanjungpinang Gelar Haul Tuan Guru Sapat dan Tabarukan Atsar Rasullulah
PCNU Tanjungpinang Gelar Haul Tuan Guru Sapat dan Tabarukan Atsar Rasullulah.(Foto:NUOK/sarpandi)
PCNU Tanjungpinang Gelar Haul Tuan Guru Sapat dan Tabarukan Atsar Rasullulah.(Foto:NUOK/sarpandi)

Tanjungpinang,NU Online Kepri

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama bersama Majelis Cinta 2020 dan majelis sholawat Nurusy Syafa'ah melaksanakan haul syekh Abdurrahman Siddiq Al Banjari yang ke 85 tahun,serta Tabarukan Atsar Nabi Muhammad SAW,Rabu,9/3/22.

Acara diawali dengan sholat Maghrib berjamaah dikantor sekretariat PCNU kota Tanjungpinang jalan D.I Panjaitan blok E nomor 10,Bintan Center.Adapun rangkaian acara pembacaan surat Yasin dan Tahlil dipimpin Kiai Buhriadi pengasuh pondok pesantren Rodhatul Qur'an Tanjungpinang, pembacaan Yasin dan Tahlil berakhir menjelang waktu sholat Isya'.Pembacaan maulid Al Barzanji oleh Al Habib Azhar bin Alwi Assegaf diiringi Hadroh dari Nurusy Syafa'ah.

Beberapa wasiat manaqib syehk Abdurrahman Siddiq yang dibacakan ustadz Fajrin diantaranya:
1.Hendaklah anak-anak serta dzurriyat-dzurriyat hamba menuntut ilmu agama yg betul-betul Ahlussunnah wal jama'ah dengan ulamama-ulama yang memakai Al Qur'an,Hadist,Ijma' dan Qiyas.

2.Hendaklah sebagai seorang ulama (jadi tuan guru/pengajar) itu beradap seperti adab-adap para Anbiya wal Mursalin,yakni mengutamakan adab dan akhlak dlm menyampaikan Ilmu dan sehari-hari.

3.Jangan mengambil upah atau gaji di dalam mengajarkan dan menghuraikan ilmu agama.Jika demikian itu di ambil,niscaya tidaklah beberkah ilmu dan hartanya.

4.Sepanjang pendapat (pengetahuan hamba serta kajian para ulama bahwasanya "Tidak ada pangkat yang lebih tinggi derajatnya (disisi Allah),selain pangkat menjadi ulama".

5.Hendaklah Engkau di dalam berusaha menuntut penghidupan itu semata mata hanya untuk ilmu dan ibadah saja,seperti berkebun dan berladang.

6.Kurang lebih 15 tahun hamba berada di daerah pulau Bangka Belitung,dan 29 tahun di Indra Giri dqlam mengajar ilmu agama,namun selama itu hamba tidak pernah menuntut (meminta) gaji atau/upah kepada murid.Hanya hamba berusaha sendiri ( untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari ) dengan berkebun dan berladang.

Mauidhoh hasanah dalam rangka haul tuan guru Sangat disampaikan Al Habib Alwi bin Ali Zainal Abidin Al Marzaq.
Acara diakhiri dengan Tabarukan Atsar Rasullulah yang hadirkan oleh Al Habib Farid bin Shahab ( Bogor, Jawa Barat ).

Tapak hadir,wakil ketua PCNU Tanjungpinang, sekretaris PCNU kota Tanjungpinang, ketua LDNU Tanjungpinang,ketua GP Ansor Tanjungpinang,anngota Muslimat NU, anggota Fatayat NU,Ansor,Banser,IPNU,IPPNU serta puluhan jama'ah lainnya.


Editor:

Daerah Terbaru