• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Kamis, 28 Maret 2024

Pemerintahan

TanjungPinang

Kanwil Kemenag Kepri Luncurkan Layanan Bus Tanjak Corner

Kanwil Kemenag Kepri Luncurkan Layanan Bus Tanjak Corner
Kanwil Kemenag Kepri Luncurkan Layanan Bus Tanjak Corner.(Foto:NUOK/humas kemenag)
Kanwil Kemenag Kepri Luncurkan Layanan Bus Tanjak Corner.(Foto:NUOK/humas kemenag)

Tanjungpinang, NU Online Kepri

Bus Tanjak Corner Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau kembali menyapa masyarakat Kota Tanjungpinang secara rutin setiap Jumat. 

Pada Jumat, 28 Januari 2022, Bus Tanjak Corner menepi di Taman Batu X yang berdekatan dengan Pasar Bintan Center Kota Tanjungpinang yang merupakan wilayah terpadat di kota ini. 

Bus Tanjak Corner merupakan Fasilitas Layanan yang disiapkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau dengan menggunakan kendaraan bermotor (Bus) dari 1 lokasi ke lokasi yang lainnya secara terjadwal dalam rangka optimalisasi layanan publik yang murah, cepat, dekat dengan masyarakat dan dapat memberikan nilai kebermanfaatan kepada publik secara langsung.

Dalam melakukan pelayanan, Bus Tanjak Corner menggandeng sejumlah mitra antara lain BWI Kepri dan Baznas Kepri. 

Lalu, apa saja layanan yang terdapat pada Bus Tanjak Corner. 

Bus Tanjak Corner menghadirkan layanan berbagai informasi Bidang Pakis berupa informasi izin ponpes, informasi sertifikasi GPAI, dan layanan rekomendasi cawas PAI.

Pada Layanan Madrasah, terdapat informasi pindah rayon, rekomendasi dan persyaratan SK pengganti izin pendirian madrasah, izin penelitian, rekomendasi persyaratan teknis pendirian madrasah, pengesahan ijasah.

Layanan Baznas dan BWI Kepri antara lain berupa layanan informasi wakaf dan layanan pengelolaan zakat. Pada  Bidang Tata Usaha, terdapat layanan pengaduan, izin pengajuan magang, izin penelitian.

Pada layanan Bimas Kristen terdapat rekomendasi RPTKA(Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing), rekomendasi IMTA(Izin Menggunakan Tenaga Kerja Asing), rekomendasi DKPTKA(Dana Kompensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing), dan rekomendasi KITAS(Kartu Izin Tinggal Terbatas).

Pada Layanan Bimas Katolik terdapat layanan konsultasi keagamaan dan non keagamaan, layanan pengukuh rohaniawan.

Pada Layanan Bimas Hindu terdapat layanan permohonan penceramah agama, layanan permohonan rohaniawan, dan layanan tanda daftar lembaga.

Pada layanan Bidang PHU(Penyelenggara Haji Umrah), terdapat layanan informasi perkiraan pemberangkatan haji reguler, pelimpahan nomor porsi haji, pemberian izin rekomendasi izin operasional PPIU(Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah), dan pemberian rekomendasi izin operasional KBIHU.

Pada Bidang Bimas Islam terdapat layanan kalibrasi arah kiblat, layanan pengukuh sumpah dan pembaca doa, pendaftaran sertifikat halal, informasi kepenghuluan, informasi keluarga sakinah, informasi wakaf, izin operasional lembaga zakat, perpanjangan izin operasional lembaga zakat, layanan rekomendasi penceramah, dan layanan penerbitan SK PAW PAI Non PNS.

Sementara pada Bimas Buddha terdapat layanan aplikasi SIORI untuk pendaftaran rumah ibadah, pendaftaran organisasi keagamaan, rekomendasi pensertifikatan hak milik tanah atas nama yayasan, rekomendasi hak milik atas tanah, layanan Visa Tinggal Terbatas, layanan KITAS, layanan KITAP, layanan rencana penggunaan tenaga kerja asing, layanan menggunakan tenaga kerja asing, layanan DKP orang asing dan layanan kunjungan sosial budaya.

Bus Tanjak Corner juga menerima kehormatan dengan dikunjungi oleh Lurah Air Raja, Drs. H. Ibnu Rozi yang hadir di lokasi bersama stafnya. Ibnu Rozi yang diterima Kabag Tata Usaha, Abu Sufyan mengatakan menyambut baik transformasi layanan yang dilakukan oleh Kanwil Kemenag Kepri. 

Sebagai kepala wilayah tersebut, Ibnu Rozi mengatakan sangat senang, karena warganya semakin terbantu dengan dekatnya layanan Kanwil Kemenag Kepri. 

“Ada banyak spot yang bisa dimanfaatkan Bus Tanjak Corner di wilayah Air Raja yang sangat strategis karena merupakan pusat kegiatan masyarakat. Selamat atas layanan publik Tanjak Corner!" serunya.

Editor : M Arfah
 


Editor:

Pemerintahan Terbaru