• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Tanjungpinang

Bersama Bank Mandiri, Klinik Tanpa Kasir Khitan Bersertifikat

Bersama Bank Mandiri, Klinik Tanpa Kasir Khitan Bersertifikat
Bersama Bank Mandiri, Klinik Tanpa Kasir Khitan Bersertifikat.(Foto:NUOK/Sarpandi)
Bersama Bank Mandiri, Klinik Tanpa Kasir Khitan Bersertifikat.(Foto:NUOK/Sarpandi)

Tanjung pinang, NU Online Kepri
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Nadhdatul Ulama / Harlah NU ke 96 dan HUT Kota Tanjung Pinang ke 236, Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama Kota Tanjungpinang melalui Klinik Tanpa Kasir dr Syamsurizal yang didukung oleh PT. Bank Mandiri Tb.k dan Mandiri Amal Insani (MAI )Foundation,

menggelar khitanan massal yang diikuti sebanyak  100 orang peserta khitan.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap sejak 2  Januari 2022 sampai 29 Januari 2022 di Klinik yang bertempat di Sekretariat PCNU Tanjungpinang Km IX Bintan Center.

Ketua Tanfidziah PCNU Tanjungpinang Dr Drs HM Juramadi Esram SH. MT. MH dalam sambutannya saat HARLAH NU Ke96 (Minggu, 29/01/2022) mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya yang dibuat oleh PCNU Tanjungpinang untuk mendukung Pemkot Tanjungpinang melalui kliniknya , membantu masyarakat yang memerlukan khitanan bagi anaknya dan terkendala biaya.  Tidak saja masyarakat prasejahtera yang berada di kota Tanjungpinang. Melainkan juga dhuafa dan yatim yang berasal dari pulau pulau sekitarnya.

“Antusias masyarakat cukup tinggi karena disini kita tidak menarik biaya sepersenpun. Bahkan kami memberikan tali asih dan ongkos transport bagi yang berasal dari luar daerah. Apalagi di tengah kondisi Pandemi  Covid 19, memungkinkan dana untuk khitanan dapat digunakan untuk keperluan lainnya ” ungkap Juramadi Ersam

Beliau melanjutkan, bahwa khitan massal ini merupakan salah satu program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2021. Dan saat ini di tahun 2022 diantaranya dengan dukungan dan support dari PT. Bank Mandiri Tb.k, MAI Foundation, dan BUMN Peduli sehingga memungkinkan pelaksanakan kegiatan khitanan menjadi optimal dan menyentuh sasaran terutama  bagi kelas menengah kebawah.

“Dan yang membedakan dengan layanan khitan ditempat lain adalah pasien khitan di Klinik Tanpa Kasir mendapatkan sertifikat tanda telah dikhitan. Dan ini sangat bermanfaat bagi yang bersangkutan utamanya suatu saat kelak mereka tahu, cinta dan paham bahwa NU terus memberikan kegiatan yang membawa manfaat dan berkah bagi seluruh masyarakat Indonesia “  Demikian penjelasan Juramadi Esram, yang juga menjabat  sebagai Kepala Dinas  Kebudayaan Provinsi Kepulauan Riau dan Ketua LAM (Lembaga Adat Melayu ) Kota Tanjung Pinang.

Memang keberadaan Klinik Tanpa Kasir dr Syamsurizal di Kantor PC NU Tanjungpinang ini, sejak beroperasionalnya pada tanggal 1 Maret 20221 menjadikan ghiroh warga nadhdiyyin dan juga seluruh masyarakat Tanjungpinang untuk mengenal dan mencintai NU makin bertambah. Klinik pun tidak hanya memberi pelayanan khitanan saja tapi juga pelayanan kesehatan umum. Sepanjang tahun 2021, terdata 687 orang pasien umum dan 198 pasien khitan yang dilayani. Dan fasilitas layanan klinik ini, tidak hanya bagi umat Islam  tapi juga non muslim, tanpa memandang ras, kelompok, golongan atau apapun juga. Sehingga PC NU Tanjungpinang mengapresiasi  Klinik Tanpa Kasir serta para donatur yang memberikan jariahnya sehingga kegiatan pelayanan kesehatan sosisal ini dapat terus terselenggara dengan penuh keberkahan.

Sementara itu Walikota Tanjung Pinang , yang  berhalangan hadir, dan diwakilkan pada Wakil Walikota Tanjungpinang Endang Abdulah S.Kp. M.Si pada Harlah NU ke-96 mengungkapkan,
bahwa Pemko Tanjungpinang sangat mendukung sekali upaya dan kerja keras PC NU Tanjungpinang yang bersedia bersinergi dengan seluruh pihak dalam rangka menekan angka  penderita Covid19 termasuk menghadapi Virus jenis baru : Omicron.

“Kita mengetahui  bahwa PCNU Tanjungpinang dibawah kepemimpinan Bapak Juramadi Esram beserta jajarannya  telah berhasil mengajak seluruh pihak untuk memberikan kepedulian pada sesama tanpa membedakan ras,kelompok dan golongan melalui Klinik Tanpa Kasir Syamsurizal . Selain itu klinik ini menjadi mitra pemko Tanjungpinang dalam nennghadapi varian Omicron yang sudah mulai masuk(dengan ditemukannya kasus 1 orang di Batam) . Kebersamaan untuk menghadapi pandemi adalah kunci keberhasilan kita semua untuk segera meyelesaikan pandemi Covid19” jelas  Endang Abdulah.

Sementara itu, Pembina Klinik Tanpa Kasir dr Syamsurizal , Dr. dr, H. Hisnindarsyah SE., M.Kes MH. CFEEM dengan didampingi manager klinik Ardiansyah S.kom juga penanggung jawab klinik tanpa kasir dr Syamsurizal, dr Muhammad Mahadi Hasibuan M.Km menjelaskan, kegiatan khitan dalam bahasa medisnya sirkumsisi bertujuan secara  syariat agama serta dari segi kesehatan agar lebih membersihkan diri. Sehingga itu dukungan dari semua pihak sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan Klinik tanpa Kasir alias gratis ini.

Sedangkan SVP –G12 Group PT Bank Mandiri Tb.k Teddy Dannas yang berkantor di Jakarta,  menyampaikan apreasiasi atas keberadaan Klinik Tanpa Kasir yang memberikan pelayanan kesehatan dan khitanan gratis bagi masyarakat prasejahtera, dhuafa , yatim. Sekaligus menyampaikan selamat HUT Kota Tanjungpinang ke-236 dan HARLAH NU ke-96. PT. Bank Mandiri Tb.k berkomitmen untuk terus melakukan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

Turut hadir pada Harlah NU ke 96, Ketua Tanfidziah PCNU Dr,Drs HM Juramadi Esram,ST SH MH beserta jajaran Mustasyar, syuriah, dan para Banom PC NU Tanjungpinang,  Wawali Pemko Tanjungpinang Endang Abdulah S.Kp M.Si,   Forkompinda Kota Tanjungpinang, Karumkital Midiyanto Suratani di wakili  Kolonel Laut (K) Dr.dr Hisnindarsyah SE M.Kes MH. CFEM dan Perwakilan PT. Bank Mandiri Tb.k dan MAI Foundation yang diwakili oleh Branch Manager Tanjung Pinang Nurizal Widi Dharma(HSD/YBSI)

Editor: M Arfah


Editor:

Daerah Terbaru