• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Baznas Provinsi Kepulauan Riau Salurkan Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu

Baznas Provinsi Kepulauan Riau Salurkan Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu
Baznas Provinsi Kepulauan Riau Salurkan Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu.(Foto:NUOK/Doni)
Baznas Provinsi Kepulauan Riau Salurkan Beasiswa untuk Siswa Kurang Mampu.(Foto:NUOK/Doni)

Batam, NU Online Kepri

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau memberikan beasiswa kepada 30  siswa kurang mampu dari jenjang /SMA/SMK. Beasiswa ini merupakan salah satu program Baznas dalam rangka meningkatkan pendidikan masyarakat di Provinsi Kepulauan Riau.


Penyerahan dilaksanakan Di SMK N 7 Batam, Rabu (14/09/2022). Hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Ketua I,Suparwi,Wakil Ketua II,Pauzi dan sejumlah kepala Sekolah SMA/SMK Se-Kota Batam.


Ketua Baznas Provinsi Kepuluan Riau Arusman Yusup menjelaskan, kegiatan ini merupakan penyerahan/pentasyarufan dana zakat, infak, dan sedekah, yang dihimpun melalui Baznas Provinsi Kepulauan Riau untuk pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau Dalam Kesempatan Tersebut Mengucap kan Terima Kasih Kepada Pengurus UPZ Yang Hadir Dan Memberikan Apresiasi Kepada UPZ Yang Sangat Membantu Dalam Optimalisasi Zakat Di Provinsi Kepulauan Riau.


"Terima Kasih Kepada Semua nya Yang Hadir,UPZ Sangat Membantu BAZNAS Kepri Selama ini,"Ungkap Beliau.


“Pentasyarufan kali ini untuk biaya pendidikan kepada 30 siswa, terdiri dari  siswa SMA/SMK.  jelas Arusman, di sela-sela kegiatan, Rabu (14/09/2022).


Ketua Baznas Provinsi Kepulauan Riau Arusman Yusup menuturkan, sampai saat ini dana zakat, infak dan sedekah yang diterima Baznas Provinsi Kepulauan Riau  sudah 100 persen disalurkan untuk berbagai tujuan. Di antaranya pendidikan, kesehatan, sosial, penanggulangan bencana alam, dan sebagainya.


Pihaknya juga bekerja sama dengan lembaga yang ada, seperti OPD, Dinas Dinas,Perusahaan dan lembaga terkait lainnya.


“Semoga betul-betul memberi manfaat bagi masyarakat, juga membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, meningkatkan pendidikan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau,” imbuh Arusman.


Kegiatan Ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Andi Agung  digelar di Gedung Aula SMK N 7 Batam.


"Kami apresiasi penuh program pendistribusian zakat yang diperuntukan guna biaya pendidikan. Hal ini sejalan dengan program pemerintah dalam peningkatan dan pemerataan pendidikan," ungkap Andi.


Lebih lanjut, Andi mengatakan bahwa pendistribusian zakat pendidikan yang digagas Baznas Provinsi Kepulaun Riau  merupakan bagian kebersamaan dalam mewujudkan pembangunan sumber daya manusia di daerah.


"Kita ketahui bersama, untuk memajukan pembangunan khususnya di sektor pendidikan, harus dilakukan bersama-sama semua pihak, tidak hanya pemerintah saja," tutur Andi.


Andi juga berharap, kedepannya zakat pendidikan dari Baznas dapat dilakukan berkelanjutan, sehingga mampu mengakomodasi bagi keluarga yang tidak mampu dalam melanjutkan pendidikan.


Sejalan itu, sambungnya, Disdik Provinsi Kepulauan Riau juga terus berkomitmen membantu masyarakat dalam bentuk bantuan pendidikan lainnya.


"Disdik setiap tahunnya mengeluarkan bantuan pendidikan, dalam bentuk beasiswa berprestasi, anak tempatan dan Komunitas  ungkapnya.


Disdik Provinsi Kepuluan Riau  berpesan, seluruh lembaga zakat bersama pemerintah daerah harus kompak untuk mengatasi kemiskinan, dan mengatasi pengangguran, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Kepulauan Riau.


“Kalau kita kompak, berkolaborasi mengatasi kemiskinan, pengangguran, dan meningkatkan pendidikan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita juga akan meningkat. Tidak bisa kalau kita berjalan Sendiri-Sendiri," tandasnya.


Daerah Terbaru