• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Tanjungpinang

Konfercab Pagar Nusa Tanjungpinang, Junaidi Arafik Terpilih Sebagai Ketua Pagar Nusa Tanjungpinang

Konfercab Pagar Nusa Tanjungpinang, Junaidi Arafik Terpilih Sebagai Ketua Pagar Nusa Tanjungpinang
Konfercab Pagar Nusa Tanjungpinang, Junaidi Arafik Terpilih Sebagai Ketua Pagar Nusa Tanjungpinang.(Foto:NUOK/Sarpandi)
Konfercab Pagar Nusa Tanjungpinang, Junaidi Arafik Terpilih Sebagai Ketua Pagar Nusa Tanjungpinang.(Foto:NUOK/Sarpandi)

Tanjungpinang, NU Online Kepri

Guna bergeraknya roda organisasi Pagar Nusa di Tanjungpinang, Kepri, jajaran Pimpinan Wilayah Pagar Nusa Kepri menggelar Konferensi Cabang-cabang (Konfercab) ke-1 Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kota Tanjungpinang. Konfercab itu  dilaksanakan di kantor PCNU Tanjungpinang jalan DI Panjaitan Bintan Center kota Tanjungpinang, Jum'at ( 15/11/22 ) malam.


Konfercab PSNU Pagar Nusa Tanjungpinang diikuti tiga Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa yang ada di Tanjungpinang, diantaranya: PAC Tanjungpinang Timur, PAC Bukit Bestari, dan PAC Tanjungpinang Barat.


Berdasarkan hasil Konfercab itu terpilih Junaidi Arafik sebagai ketua Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kota Tanjungpinang periode 2022—2027.


Setelah ditetapkan terpilih oleh ketua sidang, Junaid dalam sambutannya mengatakan, akan bekerja keras untuk membangun dan mengembangkan Pagar Nusa di Tanjungpinang.


"Kami mengucapkan terima kasih atas amanah ini. Kita harus lebih bekerja keras lagi untuk mengembangkan seni pencak silat PN dan perlu dukungan dan kerjasama yang baik," jelas pria yang biasa dipanggil Kang Jun ini.


kang Jun juga memetik pesan dari salah satu pendiri  Pagar Nusa, "Pesan Gus Maksum kepada kita adalah tegakkan syariat,kita sebagai pelindung Nahdlatul Ulama dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tambahnya.


Sementara itu, Ketua Pimpinan Wilayah Pencak Silat Nahdlatul Ulama  Pagar Nusa Kepulauan Riau Khoirul Anam mengatakan, Pagar Nusa adalah seni pencak silat dan wadah dakwah Nahdlatul Ulama.


"Pagar Nusa bukan hanya mengajarkan pencak silat tetapi juga sebagai wadah untuk berdakwah NU," jelas pria yang biasa disebut kang Anam ini.


Ia juga menjelaskan, sebanyak 380 aliran pencak silat berlatar belakang berbeda tergabung dalam Pencak Silat Nahdlatul Ulama. Pagar Nusa sebagai pagar Nahdlatul Ulama dan NKRI.


"Kalau kita rinci, ada sekitar 380 aliran pencak silat yang bernaung di Pagar Nusa. Pagar Nusa ini bentengnya NU dan NKRI," tambahnya.


"untuk PSNU Pagar Nusa Kota Tanjungpinang setelah Konfercab ini bisa semakin berkembang dan mencetak kader-kader unggulan," urainya.


Konfercab Pagar Nusa kota Tanjungpinang turut dihadiri tokoh dan perintis Pagar Nusa Tanjungpinang KH Sunardi.


KH Sunardi sejak tahun 2011 sudah merintis pendirian Pagar Nusa di Tanjungpinang. Pada latihan perdana hanya sebatas kegiatan latihan adalah tenaga dalam saja hingga kemudian terus berkembang sampai sekarang.


Tampak hadir,dari Kapolsekta Tanjungpinang Timur, sekretaris PCNU Tanjungpinang,ketua PC Muslimat Tanjungpinang, pengurus IPPNU kota Tanjungpinang,ketua Pagar Nusa Bintan


Daerah Terbaru