• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Kamis, 22 Februari 2024

Daerah

Batam

PC IPNU IPPNU Batam Gelar Lakmud di Pondok Pesantren Mambaul Hidayah

PC IPNU IPPNU Batam Gelar Lakmud di Pondok Pesantren Mambaul Hidayah
PC IPNU IPPNU Batam Gelar Lakmud di Pondok Pesantren Mambaul Hidayah.(Foto:NUOK/ist)
PC IPNU IPPNU Batam Gelar Lakmud di Pondok Pesantren Mambaul Hidayah.(Foto:NUOK/ist)

Batam, NU Online Kepri

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Batam mengadakan Latihan Kader Muda (Lakmud) yang diselenggarakan Jumat—Ahad (30Juni—2Juli 2023) di Ponpes Manbaul Hidayah, Kabil,Kec. Nongsa, Kota Batam. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta delegasi dari PAC/ PR IPNU-IPPNU se-Kota Batam.


Kaderisasi merupakan salah satu misi penting dalam mencetak penggerak motor organisasi demi mencapai suatu tujuan yang mulia. IPNU-IPPNU merupakan Kader termuda dari NU yang diharapkan dapat meneruskan cita-cita Masyayikh terdahulunya, serta menjadi pejuang tangguh generasi berikutnya dalam perjuangan menegakkan prinsip ASWAJA (Ahlussunnah Wal Jamaah).


Para peserta itu telah menyatakan siap melaksanakan Rencana Tindak Lanjut (RTL), setelah melewati rangkaian agenda kaderisasi IPNU-IPPNU tahap kedua tersebut.


Secara teknis, RTL peserta ada empat tahapan. Pertama, wajib merekrut anggota baru minimal 1 orang 3 anggota. Kedua, membentuk ranting di PAC nya masing-masing. Ketiga, wajib aktiv di pimpinanya masing-masing. Ke empat, mengikuti kegiatan-kegiatan yang di gelar oleh PC IPNU IPPNU Batam.


Bagi mereka, tiga hari itu bukanlah waktu yang singkat. Sebab sebanyak empat belas materi wajib dan tambahan telah mereka simak selama kegiatan.


Dimulai dari Ke-NU-an II, Ahlussunnah Wal Jamaah An-Nahdliyah II, Ke-IPNU IPPNU-an II, Kebangsaan II, Kepemimpinan, Manajemen Organisasi dan Teknik Persidangan.


Ada juga materi Motivasi Pelajar dan Pemuda, Networking & Lobbying, Scientific Problem Solving, Manajemen Konflik, Public Speaking, Studi Gender hingga Kebijakan Publik. Selain itu, peserta juga melakukan Forum Grup Diskusi dan Uji Kompetensi.


Tentu saja, lelah fisik dan pikiran mereka rasakan. Namun, hal tersebut berhasil dilalui demi mendapat wawasan pengetahuan dan pengalaman secara maksimal.


Acara tersebut dihadiri dan dibuka langsung oleh Drs. H. Samudin selaku kepala dinas perpustakaan dan kearsipan kota Batam. Dalam sambutanya beliau menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh program-program yang diadakan oleh kader Pelajar NU Kota Batam. Samudin juga memberikan pesan yang sangat penting bagi para kader-kader NU, baik dari pengurus yang sudah matang hingga yang termuda seperti IPNU-IPPNU untuk Menjadi Garda terdepan menjaga kedaulatan bangsa, negara dan agama.


"Ya, tentunya program-program seperti ini yang kami harapkan, tentu dengan adanya acara ini dapat membantu program dari pemerintah kota Batam. Pemerintah sekarang sedang  gencar-gencarnya dalam masalah pembangunan infrastruktur dan pendirian rumah sakit, tentunya pelajar NU harus bisa berada disana berperan aktiv dalam membantu pemerintah Daerah.

"Selain itu ketua PC IPNU Batam, Rizky Saeful Millah juga berharap para kader yang mengikuti kegiatan lakmud ini dapat aktiv dalam berbagai hal, bukan hanya untuk organisasi namun juga tentunya untuk masyarakat luas pada umumnya.


"Kegiatan lakmud ini adalah tahapan kedua bagi para kader IPNU-IPPNU setelah mereka di makesta, tentunya kegiatanya pun akan berbeda, di lakmud mereka di tuntut untuk mandiri dalam berbagai hal, nah dengan seperti itu kami harap mereka terbiasa sehingga memberi manfaat untuk masyarakat umum kedepanya"


Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kota Batam, Puspita Nada menyampaikan bahwa Lakmud ini menciptakan kader-kader yang militan bukan lagi menciptakan anggota. Lakmud ini merupakan ibarat jantung di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat menjadi jantung untuk menggerakkan elemen lain dalam sebuah organisasi.
“Maka, tonggak aktifnya sebuah organisasi diamanahkan kepada kalian yang sudah mengikuti Lakmud ini,” ujar perempuan yang akrab dipanggil Rekanita Nada.


Ia pun berpesan, agar para peserta Lakmud dapat istiqomah dalam berproses di NU melalui IPNU IPPNU. Ia juga mengajak kepada seluruh pelajar NU untuk berani berkompetisi meningkatkan softskill dan hardskillnya guna meraih prestasi.


"Di era digital saat ini pelajar NU harus mampu menjawab tantangan zaman, yaitu dengan pandai mengaplikasikan teknologi," ujar Nada, sapaan akrabnya.


Sementara banom NU lainnya seperti PCNU Kota Batam, Fatayat, Muslimat NU, Ansor dan Banser ikut mendukung kesuksesan kegiatan Lakmud PC IPNU Batam serta memberi apresiasi terhadap kegiatan kaderisasi ini, beliau semua berharap agar kedepannya kader-kader NU dapat menuntaskan misi-misinya serta tercapai cita-citanya


Daerah Terbaru