• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Kamis, 22 Februari 2024

Nasional

Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter BTH 01, Menag: Mohon Maaf dan Sampai Jumpa di Tanah Air

Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter BTH 01, Menag: Mohon Maaf dan Sampai Jumpa di Tanah Air
Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter BTH 01, Menag: Mohon Maaf dan Sampai Jumpa di Tanah Air.(Foto:NUOK/Ist)
Lepas Kepulangan Jemaah Haji Kloter BTH 01, Menag: Mohon Maaf dan Sampai Jumpa di Tanah Air.(Foto:NUOK/Ist)

Makkah, NU Online Kepri

Pelaksanaan rangkaian ibadah haji tahun 1444 H/2023 M sudah usai. Jemaah haji dari seluruh dunia termasuk Indonesia satu persatu mulai dipulangkan.


Menjelang jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia dari Kota Makkah ke Tanah Air, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas menyambangi Hotel Meezab Alsabiq 2 untuk melepas jemaah haji kloter (kelompok terbang) BTH 01.


Dalam sambutannya di hadapan para petugas kloter dan jemaah haji BTH 01, Menag mengungkapkan permohonan maaf apabila selama memberikan pelayanan kepada jemaah haji terdapat kekurangan. Ia juga menginformasikan jemaah haji akan dibagikan air zamzam sebanyak 10 liter per orang di masing-masing debarkasi. Ini menurutnya, sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah.


“Pertama, kami menyampaikan permohonan maaf, karena pasti ada kekurangan di sana-sini. Mohon ikhlas dari bapak ibu sekalian untuk memaafkan kami memaafkan petugas-petugas kami baik itu sengaja maupun tidak. Kedua, sampaikan salam kami kepada seluruh sanak keluarga di Tanah Air, salam hormat kami, salam takzim kami,” ungkap Menteri yang akrab disapa Gusmen ini, Senin (03/07/2023).


"Kalau sebelumnya pemerintah Arab Saudi memberikan jatah air zamzam 5 liter, Sebagai hadiah buat Bapak Ibu kami mengusahakan menambah 5 liter lagi menjadi 10 liter yang dapat diambil di debarkasi masing-masing, mudah-mudahan menjadi berkah untuk kita semua. Selamat jalan sampai jumpa di Tanah Air," katanya.


Pada saat itu, Ketua Kloter BTH 01 Muhammad Sardi juga menyampaikan ucapan terima kasih atas pelayanan luar biasa yang telah diterima oleh para jemaah. Mewakili jemaah yang dibimbingnya, Sardi juga memohon pamit kepada Menag untuk meninggalkan Makkah.


“Terima kasih kepada Menteri Agama yang telah memastikan pelayanan yang luar biasa sehingga jemaah haji Indonesia dari Kloter BTH 01 yang terdiri dari Kabupaten Natuna, Lingga, Karimun, Anambas, dan Batam (Provinsi Kepulauan Riau) bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna. Dengan pelayanan akomodasi, transportasi, katering yang sangat memuaskan sehingga kami bisa melaksanakan ibadah dengan sempurna dan kepuasan yang luar biasa,” kata Kasi PHU (Penyelenggara Haji dan Umrah) Kantor Kemenag Lingga tersebut.


“Kami mohon pamit kepada Pak Menteri karena meninggalkan kota Makkah. Mohon doanya semoga sampai di kampung halaman dengan selamat, dan kami mendoakan semoga Bapak Menteri dan seluruh petugas yang masih berada di Makkah diberi kekuatan, kesehatan, agar bisa memberikan pelayanan dengan sebaik-baiknya kepada jemaah hingga sekembalinya ke Tanah Air,” imbuhnya.


Jemaah Haji BTH 01 semula berjumlah 362 orang ditambah 5 orang Petugas Kloter. Mereka berasal dari Natuna sebanyak 97 orang, Lingga 48 orang, Karimun, 144 orang, Anambas 48 orang, Batam 25 orang. Namun dengan ditambah 2 jemaah tanazul (pindah) dari kloter BTH 05 dan 07 sehingga total jemaah sebanyak 369 orang.


Jemaah terbang dengan pesawat Saudia Airlines bernomor penerbangan SV 5080. Mereka dijadwalkan take off dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Selasa 4 Juli 2023 pukul 01:10 WAS (Waktu Arab Saudi), dan sampai ke Tanah Air yakni tepatnya Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 14:30 WIB


Nasional Terbaru