• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Batam

Aryo Blitar dan NU Sei Langkai Undang Kiai Marzuki Mustamar Ke Batam

Aryo Blitar dan NU Sei Langkai Undang Kiai Marzuki Mustamar Ke Batam
Ketua Paguyuban Aryo Blitar, H. Habib Muslim (tengah) foto bersama di kediaman Kiai Marzuki Mustamar (kiri).(Foto:NUOK/Dok.Pribad).
Ketua Paguyuban Aryo Blitar, H. Habib Muslim (tengah) foto bersama di kediaman Kiai Marzuki Mustamar (kiri).(Foto:NUOK/Dok.Pribad).

Batam, Kepri NU Online
KH Marzuki Mustamar dipastikan bakal mengisi pengajian di Batam pada 27-30 Juli 2022 mendatang. Rawuhnya Kiai kondang asal Kota Malang, Jawa Timur itu dikonfirmasi oleh Ketua Paguyuban Aryo Blitar (warga Batam asal Blitar), H. Habib Muslim.


Ia menjelaskan bahwa menghadirkan KH Marzuki Mustamar ke Batam memang telah diagendakan oleh paguyuban Aryo Blitar sebelum bulan puasa kemarin.


“Meskipun sekarang Kiai Marzuki tinggal di Malang, beliau kan aslinya dari Blitar. Jadi kami warga Blitar punya rasa kedekatan serta pingin ngangsu kaweruh (nimba ilmu) dari beliau,” katanya, Jumat (13/5/2022).


Pria yang akrab disapa Pak haji itu juga mengungkapkan bahwa dirinya hadir langsung di dalem (rumah) Kiai Marzuki untuk meminta agenda pengajian 27-30 Juli di Batam.


“Setelah saya komunikasi sama asisten beliau, saya diminta hadir langsung. Jadi ya saya sowan ke dalem Kiai,” jelasnya.


Untuk rencana kegiatannya sendiri, Pak haji menjelaskan bahwa nanti Kiai Marzuki akan mengisi pengajian di paguyuban Aryo Blitar.


“Kegiatannya nanti, warga Blitar Ngaji Bareng Kiai Marzuki Mustamar,” tambahnya.


Agenda menghadirkan Ketua PWNU Jawa Timur di batam selama tiga hari itu adalah kerja sama antara Aryo Blitar dengan pengurus Ranting NU Kelurahan Sei Langkai, Sagulung.

Pengurus Ranting NU Sei Langkai sendiri mengagendakan pengajian dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 hijriyah yang akan diisi oleh Kiai Marzuki Mustamar.


Ketua Panitia acara dari Ranting NU Sei Langkai, Nurrudin Araniri, bahkan menjelaskan bahwa teknis acara pengajian sudah selesai dibahas tingkat panitia.


“Seperti tempat acara pengajian nanti akan menggunakan lokasi di samping kantor Kecamatan Sagulung,” katanya.


Bukan hanya agenda pengajian, pria kelahiran Jepara, jawa Tengah itu juga menyampaikan agenda lain selama Kiai Marzuki hadir di Batam.


“Selain pengajian-pengajian, kami dari panitia dan paguyuban Aryo Blitar juga mengagendakan ziarah makam ke Pulau Penyengat di Tanjung Pinang,” jelasnya.


Selain itu, Nurrudin juga mengungkapkan bahwa ia bersama pengurus ranting NU Sei Langkai telah menyampaikan agenda kehadiran Kiai Marzuki Mustamar ke pengurus NU mulai dari tingkat MWCNU Sagulung, PCNU Kota Batam, hingga ke PWNU Kepri.


“Kami sudah menyampaikan kegiatan ini ke semua tingkatan pengurus NU dari Kecamatan sampai Provinsi,” terang dia.


Untuk itu dirinya menghimbau kepada segenap panitia maupun warga Nahdliyin di Sagulung untuk mendukung serta ikut meramaikan acara pengajian Kiai Marzuki Mustamar yang akan diselenggarakan oleh ranting NU Sei langkai.


Daerah Terbaru