• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Sabtu, 25 Mei 2024

Daerah

Tanjungpinang

Makesta IPNU IPPNU Tanjungpinang, Romadhon Kholili: Jadikan Organisasi Tempat Berproses

Makesta IPNU IPPNU Tanjungpinang, Romadhon Kholili: Jadikan Organisasi Tempat Berproses
Makesta IPNU IPPNU Tanjungpinang, Romadhon Kholili: Jadikan Organisasi Tempat Berproses.(Foto:NUOK/ist)
Makesta IPNU IPPNU Tanjungpinang, Romadhon Kholili: Jadikan Organisasi Tempat Berproses.(Foto:NUOK/ist)

Tanjungpinang, NU Online Kepri

Selama dua hari (14—15 Oktober 2023) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) melaksanakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di Pondok Pesantren Al-Khoir, Tanjungpinang.


Makesta yang diikuti oleh sejumlah pelajar dari berbagai sekolah di Tanjungpinang itu diharapkan mampu mencetak kader-kader IPNU IPPNU yang berwawasan luas.


Dalam Makesta itu sejumlah materi diberikan guna untuk memberikan pemahaman keagamaan, keorganisasian, dan kebangsaan. Materi ke-Aswajaan dan ke-NU-an juga diberikan dalam momen Makesta itu.


Romadhon Kholili Sekretaris Ansor Tanjungpinang turut memeriahkan materi di Makesta tersebut. Ia banyak memberikan motivasi serta berbagai pengalaman dalam mengelola organisasi, berbagai pengalaman dalam mengelola konflik yang bisa muncul dalam setiap organisasi.


Alumni Pondok Pesantren Aasobariyah ini juga berpesan untuk menjadikan organisasi khususnya IPNU IPPNU tempat untuk tumbuh dan berproses. Tempat belajar, tempat untuk mengasah kekompakan.


"Sikap paling dasar dalam organisasi adalah bagaimana kita bisa menerima pendapat orang lain, lalu kemudian tidak serta-merta memaksakan pendapat pribadi kita. Misal kita ini sebagai ketua, tentu di semua tingkatan. Tidak bisa kemudian hanya karena ketua lalu semaunya kita. Tidak bisa seperti itu. Tampung semua pendapat yang ada lalu putuskan yang memang dikira pendapat yang paling baik," pesan pemuda kelahiran Sukabumi ini.


"Jadikan organisasi ini sebagai tempat untuk berproses. Yakin dan percaya akan banyak pengalaman, akan banyak yang didapat ketika memang terus berproses di IPNU IPPNU ini," tambahnya.


Prestasi individu juga patut selalu dikejar dan sebisa mungkin menjadi prioritas. "Nah, ini yang banyak keliru. Mentang-mentang ikut organisasi, lalu prestasi akademiknya jeblok. Ikut organisasi ia, prestasi juga harus top dong," harapnya.


"Jadilah kader IPNU IPPNU yang memiliki mental baja, berada dalam rumah besar NU. Tetap selalu Istiqomah dalam mengabdi tentunya dengan dedikasi yang tinggi sesuai jati diri seorang santri karena IPNU IPPNU tidak lepas dari ruhnya santri. Dan paling penting di manapun tetap selalu jaga marwah organisasi," pungkasnya.


Daerah Terbaru