• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Kamis, 7 Desember 2023

Nasional

Berangkat ke Kongres IPNU di Jakarta, Ini Misi yang Dibawa Ketua IPNU Batam

Berangkat ke Kongres IPNU di Jakarta, Ini Misi yang Dibawa Ketua IPNU Batam
Berangkat ke Kongres IPNU di Jakarta, Ini Misi yang Dibawa Ketua IPNU Batam.(Foto:NUOK/Dok.)
Berangkat ke Kongres IPNU di Jakarta, Ini Misi yang Dibawa Ketua IPNU Batam.(Foto:NUOK/Dok.)

Jakarta, NU Online Kepri

Pimpinan Pusat (PP) Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri Nahdatul Ulama (IPPNU) akan menggelar kongres di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, 12—15 Agustus 2022.


Kongres IPNU ke-XX dan Kongres IPPNU ke-XlX mengambil tema Akselerasi Pelajar Untuk Indonesia Maju.


Fikri Irpan Fauzi Ketua IPNU Batam yang akan hadir di Kongres IPNU mengatakan, beberapa misi akan ia perjuangkan dalam kongres nanti. Termasuk bagaimana agar segera pimpinan wilayah (PW) IPNU bisa terbentuk di Kepri.


"Ada beberapa poin nantinya yang akan kami perjuangkan di Kongres nanti. Terutama bagaimana agar segera terbentuk kepengurusan tingkat wilayah di Kepri. Karena selama ini masih belum ada," kata Fikri saat dihubungi NU Online Kepri, Jum'at (12/8/2022).


Ia juga meminta nantinya kepada ketua terpilih lebih juga memperhatikan Kepri khususnya Batam. Ia juga berharap agar bisa dibentuk koordinator wilayah (Korwil) Riau-Kepri.


"Selama ini Sumatra hanya ada satu korwil. Ini tentu merepotkan kita yang di daerah. Di sidang komisi nanti saya ingin perjuangan agar bisa dibentuk beberapa korwil di Sumatra, khususnya Riau-Kepri," tambahnya.


Ditanya mengenai siapa calon akan diusung dalam kongres nanti, pria asal Tasikmalaya ini menjawab diplomatis. Menurutnya, siapapun ketua yang terpilih itu adalah yang terbaik.


"Ndak, untuk calon kita mengalir saja. Memang nama-nama sudah ada bermuculan, tapi kami PC Batam mengalir saja. Karena pergantian ketua adalah hal biasa dalam organisasi," pungkas dia.


Berbagai agenda Kongres


Kongres ini akan membahas berbagai macam hal yang berkaitan dengan organisasi. Para peserta akan membahas Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) dan Garis-garis Besar Program Perjuangan dan Pengembangan (GBPPP) IPNU dan IPPNU.


Di luar internal organisasi, kegiatan juga akan membahas perihal rekomendasi yang akan ditujukan kepada pihak yang berkepentingan. Di sini, peserta akan membahas perihal Permendiknas Nomor 39 Tahun 2008. Peraturan itu menjadi batu sandungan bagi organisasi kepelajaran untuk turut terlibat aktif dalam berperan dan menggerakkan pelajar.


Selain tiga hal itu, IPNU akan membahas perihal prinsip perjuangan organisasi. Di sini, IPNU bakal mengonsep pelajar sebagai generasi yang memiliki pemahaman robbani kuat serta melandasi amal dan gerakannya dengan ilmu pengetahuan. Pembahasan yang sama juga akan dilakukan IPPNU di komisi program.


Puncaknya, forum ini akan memilih pemimpin baru IPNU dan IPPNU untuk masa khidmah 2022-2025. Pemilihan Ketua Umum IPNU dan IPPNU ini rencananya bakal dilaksanakan pada Ahad (14/8/2022) sore.


Nasional Terbaru