• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Bintan

Mengenal Sorgum Lebih Dekat

Mengenal Sorgum Lebih Dekat
Mengenal Sorgum Lebih Dekat.(Foto:NUOK/Arief)
Mengenal Sorgum Lebih Dekat.(Foto:NUOK/Arief)

Bintan, NU Online Kepri

Makanan pokok yang dikenal di Indonesia cukup beragam. Tentu saja beras menjadi primadona. Selain itu ada juga jagung, sagu sampai ubi. Selain yang saya sebutkan di atas ada salah satu panganan alternatif pengganti beras yaitu sorgum. Anda kenal?


Sorgum sendiri mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia masih kurang familiar. Sorgum bisa menjadi panganan alternatif pengganti beras lho sahabat.


Apa itu sorgum?


Sorgum adalah tumbuhan yang konon berasal dari Afrika. Bentuk tanamannya tinggi seperti pohon tebu dan tumbuh buahnya ada di ujung tanaman, sorgum merupakan sereal biji-bijian.


Menariknya, buah atau biji sorgum bisa dijadikan beras dan tepung pengganti tepung gandum. Batangnya bisa diperas layaknya tebu karena mengandung kadar gula tinggi, untuk dijadikan gula atau difermentasi menjadi bioetanol sumber bahan bakar pengganti minyak, sedangkan daunnya dapat dijadikan teh


Selain itu, biji sorgum yang sudah dipisahkan dengan kulit arinya bisa dimasak begitu saja layaknya beras. Atau dijadikan bubur, bisa juga dibuat nasi goreng. Ada juga roti tawar dari tepung sorgum.


Sabtu kemarin (28/7) saya ditemani seorang kawan berkesempatan mengunjungi salah satu petani sorgum di desa Toapaya Asri Kabupaten Bintan. Babe Ayim (48) petani ini bahkan sudah mengemas sorgum dalam bentuk kemasan layaknya sorgum beras, tepung, dan teh


"Kami sudah beberapa kali panen, dan di sini sudah ada penggilingan sorgum untuk beras dan tepung,"  ungkap pria yang akrab disapa Babe ini.


"Untuk saat ini hampir tiap hari kami mendapat pesan sorgum bentuk beras, tepung dan teh dari daun sorgum", terang Babe


Sorgum beras baik dikonsumsi untuk penderita diabetes dan autis, masih banyak lagi kandungan gizi dari sorgum bagi kesehatan.


Bagi yang penasaran dengan sorgum bisa langsung berkunjung ke Koperasi Produsen Ratun Jaya Topas Desa Toapaya Asri Kabupaten Bintan.


Daerah Terbaru