• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Tokoh Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Kamis, 29 September 2022

Daerah

Bintan

Jelang Konfercab ke-lV Ansor Bintan, Sejumlah Kandidat Ketua Bermuculan

Jelang Konfercab ke-lV Ansor Bintan, Sejumlah Kandidat Ketua Bermuculan
Jelang Konfercab ke-lV Ansor Bintan, Sejumlah Kandidat Ketua Bermuculan.(Foto:NUOK/Arfah)
Jelang Konfercab ke-lV Ansor Bintan, Sejumlah Kandidat Ketua Bermuculan.(Foto:NUOK/Arfah)

Bintan, NU Online Kepri

Menjelang Konferensi Cabang (Konfercab) Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bintan ke-lV, sejumlah nama bermunculan dan diperbincangkan untuk menduduki Ketua Ansor Bintan.


Nama-nama seperti Muariifin Muhammad, Andi Hadi, Hasanuddin, Iskandar, Alamsyah, Arif, serta Fikri Amar, belakangan diprediksi maju dalam Konfercab yang akan diadakan pertengahan Oktober ini.


Menanggapi beredarnya beberapa nama-nama calon Ketua PC Ansor Bintan, Zaenal Arifin Ketua Ansor Bintan mengganggap hal itu sangat wajar dan merupakan dinamika dalam berorganisasi. Ia juga mengingatkan agar tetap menjaga situasi yang kondusif menjelang dilaksanakannya Konfercab.


"Ya, terkait nama-nama yang beredar ya biasa saja. Memang menjelang Konfercab hal biasa ada beberapa kandidat yang menyatakan kesanggupannya. Memang itu hak bagi semua kader untuk mencalonkan dan dicalonkan."


"Namun kan ada kriteria calon yang harus dipenuhi. Sesuai dengan Peraturan Organisasi yang berlaku di Ansor. Artinya, nama-nama calon itu akan terseleksi dengan sendirinya. Tinggal bagaimana sekarang kita menjaga kondisi agar tetap sejuk," jelas alumni  Pondok Pesantren Darussalam Blokagung ini," Sabtu (17/9/2022).


Ditanya mengenai kemana dukungan akan diberikan, Zainal menyerahkan kepada pemilih nanti di Konfercab. Menurutnya, sebagai ketua ia punya tanggung jawab moral untuk mensukseskan Konfercab. Tanpa harus terlibat terlalu jauh kedalam dukung-mendukung.


"Soal dukungan biar peserta konfercab saja yang menentukan. Saya tidak condong ke salah satu calon. Saya tegaskan, saya netral. Saya punya tanggung jawab moral agar Konfercab ini bisa sukses dan menghasilkan pemimpin yang amanah," tambah ketua Pokja Penyuluh Agama Islam Non PNS Bintan ini.


Senada dengan Zaenal Arifin, Ketua Panitia Konfercab Mu'arifin mengatakan, nama-nama yang beredar masih sebatas wacana. Ia juga menjelaskan, sampai saat ini belum ada calon yang mendaftar ke panitia.


"Saya kira itu hanya wacana saja untuk meramaikan Konfercab mendatang. Yang jelas kan calon yang mau maju harus mendaftar dulu ke panitia. Dan sampai saat ini belum ada satupun yang mendaftarkan diri."


"Jadi, ya kita harus mengikuti tatip dan proses yang telah ditentukan dalam Peraturan Organisasi," jelas Alumni PKN Ansor ini.


Daerah Terbaru