• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Daerah

Batam

PCNU Bintan Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan di Desa Toapaya

PCNU Bintan Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan di Desa Toapaya
PCNU Bintan Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan di Desa Toapaya.(Foto:NUOK/Arief)
PCNU Bintan Gelar Peringatan Maulid Nabi dan Hari Pahlawan di Desa Toapaya.(Foto:NUOK/Arief)

Bintan, NU Online Kepri

Puncak peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dibarengi dengan peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bintan sukses terlaksana di aula pasar tani Desa Toapaya Asri, kecamatan Toapaya, Bintan, Kamis, (10/11/2022).


Kegiatan yang mengusung tema "Dengan Momentum Peringatan Nabi Muhammad SAW 1444 H, Kita Bangkitkan Semangat Nasionalisme Bersama Barisan Para Ulama, Untuk Meneladani Para Pejuang Dalam Mempertahankan NKRI" dihadiri oleh warga Nahdliyyin dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan.


Dalam sambutannya ketua PCNU Bintan Kiai Muhammad Nu'man memberikan penguatan tentang keaswajaan, dan kebangsaan. Menurut Kiai Nu'man, agama dan negara tidak dapat dipisahkan, ibarat dua sisi mata uang yang saling menguatkan.


"Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November ini adalah peristiwa bersejarah yang masih ada kaitannya dengan resolusi jihad yang dicetuskan oleh KH Hasyim Asy'ari pendiri jam'iyyah Nahdlatul Ulama," ungkap Kiai Nu'man


"Agama dan negara tidak bisa kita pisahkan, ibarat dua sisi mata uang, membela keutuhan negara berarti sama dengan membela agama. Kemerdekaan dan ideologi bangsa Pancasila perlu kita jaga, sedangkan kebhinekaan atau keragaman perlu kita rawat," lanjut Kiai Nu'man


Lebih jauh ia menjelaskan, perbedaan bukan halangan untuk bersama-sama memajukan daerah.


"Menurut saya dengan kita bisa mengelola perbedaan yang ada, maka dapat memajukan daerah kabupaten Bintan khususnya," ujarnya.


Sementara itu Habib Azhar bin Alwi Assegaf dalam mauidoh-nya berpesan agar para jamaah dapat meneladani akhlak Rasulullah.


Acara dimeriahkan oleh tim Hadroh yang berasal dari kecamatan gunung kijang, kecamatan Bintan Timur, dan kecamatan Bintan Utara


Terdapat juga santunan yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama ( LAZISNU) Bintan kepada warga dhu'afa.


Kegiatan berjalan meriah dan khidmat, dihadiri oleh pejabat daerah kabupaten Bintan seperti Kapolres Bintan, assisten bupati, anggota DPRD kabupaten Bintan, ketua MUI, kepala kemenag Bintan, ketua Baznas kabupaten Bintan, tokoh masyarakat, tokoh agama, camat hingga perangkat kelurahan sampai RW dan RT.


Terlihat juga Banom NU Bintan yang hadir memenuhi aula pasar tani seperti Ansor Banser, Fatayat, Muslimat, dan Pagar Nusa, kabupaten Bintan.


Daerah Terbaru