• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Senin, 30 Januari 2023

Opini

Opini

Nur Haryanto: Struktur NU Tertinggi itu di Ranting

Nur Haryanto: Struktur NU Tertinggi itu di Ranting
Nur Haryanto: Struktur NU Tertinggi itu di Ranting.(Foto:NUOK/Ist)
Nur Haryanto: Struktur NU Tertinggi itu di Ranting.(Foto:NUOK/Ist)

Berkhidmat di Nahdlatul Ulama (NU) tidak melulu harus di berada di posisi ketua. Apalagi ketua di ditingkatkan cabang atau wilayah. Di tingkat Rating NU pun sebenarnya adalah pengabdian. Bahkan di Ranting NU itu sebenarnya adalah struktur tertinggi.


Hal tersebut seperti diungkapkan Nur Haryanto (Mantan Ketua PW Ansor Kepri) kepada NU Online Kepri di sela-sela acara Batam Kota Bersholawat, Sabtu (5/11/2022).


"Saya ini pernah di PW Ansor Kepri, setelah pengabdian itu lalu ke MWCNU, banyak yang bilang kok masih mau urus MWC," ujarnya.


"Saya bilang, di NU itu kan bagaimana kita berkhidmat. Justru sebenarnya kan kits harus mulai dari Ranting dulu. Karena bagi saya Ranting itu adalah struktur tertinggi di NU. Kenapa? Ya karena di Ranting kita bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat," tambah pria ada Yogyakarta ini.


Banyak Nahdiyin yang berfikiran bahwa mengurus Ranting NU menurunkan citra di masyarakat. Apalagi ketika seseorang tersebut sudah dikenal luas oleh masyarakat.


"Padahal kalau di Ranting, kita bisa memberi solusi langsung kepada jamaah. Ada Nahdiyin yang sakit kita bisa langsung menjenguknya, tanpa perlu ada laporan dari bawah," jelasnya.


"Saya berharap sebenarnya untuk kebesaran NU, ya memang harus dimulai dari bawah. Ya Ranting itu kita perkuat, kita dekat dengan masyarakat


Opini Terbaru