• logo nu online
Home Warta Nasional Daerah Melayu Keislaman Opini Pendidikan Sosok Khutbah Pemerintah Parlemen Pustaka Video Mitra
Minggu, 21 April 2024

Opini

Ukhuwah Nahdliyah diuji ketika terjadi kontestasi politik

Ukhuwah Nahdliyah diuji ketika terjadi kontestasi politik
ukhuwah nahdliyah diuji ketika terjadi kontestasi politik.(Foto:NUOK/ist)
ukhuwah nahdliyah diuji ketika terjadi kontestasi politik.(Foto:NUOK/ist)

Dalam momen Pileg dan Pilpres yang sebentar lagi akan dilaksanakan, persaudaraan sebagai sesama warga NU atau ukhuwah nahdliyah diuji ketika terjadi kontestasi politik di pilpres 2024.


Ada empat jenis persaudaraan yang diajarkan di lingkungan NU, yaitu ukhuwah nahdliyah, ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama umat Islam), ukhuwah wathaniyah (persaudaraan sesama warga bangsa) dan ukhuwah insaniyah atau ukhuwah basyariyah yang dimaknai sebagai persaudaraan sesama manusia.


Pada momen-momen tertentu, seperti pemilu dan sebagainya, ukhuwah nahdliyah dapat menjadi faktor yang memperkuat ikatan, tetapi di sisi lain berpotensi menjadi faktor yang menimbulkan kerenggangan. Perbedaan politik di antara warga NU, jika tidak disikapi secara dewasa, dapat merenggangkan persaudaraan.


Sesama orang NU yang sebelumnya akrab menjadi dingin hubungannya.


Persaudaraan sesama warga NU merupakan perasaan bahwa sebagai sesama pengikut NU harus saling membantu untuk tujuan pengembangan dan pemberdayaan umat.


Kita meyakini bahwa calon yang diusung mewakili masing-masing cara terbaik dalam memajukan orang-orang NU. Mereka semua sepakat bahwa orang2 NU harus terus maju, berdaya, dan berkhidmah kepada umat dan bangsa, namun bagaimana cara dan gaya dalam mencapai cita-cita tersebut yang berbeda. Dalam sudut pandang tersebut, sesungguhnya tak ada yang perlu dikhawatirkan.


Kesadaran akan ukhuwah nahdliyah ini yang akan menjaga kita dari berbagai badai dalam pelayaran menjalankan visi dan misi ahlusunah waljamaah. Jangan sampai dalam pargelaran pilpres seperti ini, apa yang selama ini selalu dibicarakan tentang sikap moderat, damai, toleransi, justru kita tidak dapat melaksanakan sendiri.


Ukhuwah kepartaian harus kita letakkan di bawah ukhuwah Nahdliyyah. Jangan karena beda partai atau beda pilihan kepada sesama NU menganggap musuh. (M.Firman Zuhri)

Nama Muhammad Firman Zuhri
Asal Malang
Aktifitas Pengusaha
Organusasi (LPNU) lembaga perekonomian NU,
HIPSI Jawa Timur(himpunan pengusaha santri indonesia)
HIPMI Jawa Timur
Penggagas Program Partnership Pesantren Jawa Timur periode 2021-2025


Opini Terbaru